Jumat, 02 April 2010



Tugas Method of Communication Research II (Qualitative)

WAWANCARA

Teori Stimulus – Respons ( Pengaruh Komunikasi Massa Terhadap individu)

Pada dasarnya merupakan prinsip belajar yang sederhana, dimana efek merupakan reaksi terhadap stimulus tertentu. Dengan demikian, seseorang dapat menjelaskan suatu kaitan erat antara pesan-pesan media dan reaksi audience. Elemen-elemen utama teori ini menurut McQuail (1996):

a. Pesan (stimulus)

b. Seorang penerima atau receiver

c. Efek (respons)

Dalam masyarakat massa, prinsip S- R mengansumsikan bahwa pesan informasi dipersiapkan oleh media dan didistribusikan secara sistematis dalam sekala yang luas. Sehingga secara serempak pesan tersebut dapat diterima oleh sejumlah besar individu, bukan ditujukan kepada orang per orang. Kemudian sejumlah besar individu itu akan merespons informasi itu.

Pengaruh Trend Terhadap Kebudayaan Komunitas Anak Punk

Wawancara (interview) pada anak punk rock jalanan di daerah pangkalan jati

Gery, 21 th (asli jakarta)

1. Apa arti punk sendiri menurut lo?

Jawaban : “ Punk itu berarti Merdeka, Bebas, dan bertanggung jawab, pirsing bukan jaminan untuk jadi punkers “.

2. Lo tau style komunitas punk dari mana?

Jawaban : “ gw sie tau dari majalah sama tv, majalahnya biasanya dari kalo ada acara-acara musik suka dibagiin sama temen-temen, mereka bikinnya satu tar kalo mau kita bisa difotokopi, soalnya majalahnya bikinan anak-anak sendiri/ karya sendiri. Acaranya biasanya tiap minggu ada.

3. Siapa inspirator lo sampai lo bisa bergaya seperti itu?

Jawaban : “ gw nggak punya idola siapa-siapa, gw kaya gini karena kemauan gw sendiri, gw nggak ngikutin siapa-siapa, ngapain gw idolain orang, mendingan gw yang diidolain. Gue sih jadi diri sendiri aja.

Budi, 23 th ( asli malang)

1. Apa arti punk sendiri menurut lo?

Jawaban : “Punk itu merdeka dan bebas. Punk itu lifestyle. Setiap orang punya pilihan hidup. Banyak orang yang menilai punk itu Cuma dari luarnya bukan hati orang itu sebenarnya. Disini gue bisa bebas dengan dandanan semau gue, gue bisa berkreasi sendiri dengan gaya gue, ini baju gue bikin sendiri, gue sablon sendiri”. Disini kita ga suka ngebeda-bedain orang makanya kita sehati dan saling pengertian, makanya kita satu

2. Lo tau style komunitas punk dari mana?

Jawaban :” gue tau dari temen-temen gue dan gue juga suka nyari-nyari informasi, gue juga suka dapet majalah semacam pamplet gitulah tapi ada beberapa lembar, gue dapet kalo ada acara-acara.Nama majalahnya ZIN.

3. Siapa inspirator lo sampai lo bisa bergaya seperti itu?

Jawaban : “gue nggak terinspirasi dari siapa-siapalah itu, gue punya gaya sendiri dan kaya gini gaya gue, emang menurut lo gue ngikutin gaya siapa?. Kalo dengerin orang mah nggak ada gunanya. Kemarin aja kita mau nolongin orang yang kecelakaan tapi mereka malah nggak mau ditolongin, mungkin karena gaya kita kaya gini kali yah. Emang kita mau ngapain, lah kita cuman mau nolong dia, ya sudalah cuekin aja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar