Selasa, 05 Januari 2010

Menurut saya pers sekarang ini

Saya melihat di zaman globalisasi sekarang ini kebebasan pers sangat berlebihan bahkan sudah sangat jauh dari peraturan yang ada, dimana baik peraturan yang tidak tertulis bahkan yang tertulis sekalipun tidak dianggap sebagai peraturan yang ada hukumnya. Karena sebagian banyak orang berpendapat bahwa " hukum dilahirkan untuk dilanggar". Tidak hanya hukum jurnalistik ataupun penyiaran tetapi masih banyak aturan-aturan hukum yang tidak berjalan sebagaimana mestinya yang diharapkan bangsa. Bisa dilihat sekarang ini hukum dapat dibeli dengan uang, jadi siapa yang kaya dia yang akan menang dan yang miskin hanya bisa gigit jari saja menghadapi nasibnya.
prinsip hukum yaitu dimata hukum semua orang adalah sama akan tetapi masih banyak kasus-kasus yang dimenangkan oleh orang yang berduit saja, bahkan untuk melapor ke polisi saja harus membayar uang dengan jumlah yang banyak agar kasusu tersebut dapat ditangani dengan cepat dan bukan hanya itu untuk menyampaikan kasus ke pengadilan,pendaftaran, harus pakai pengacara lah sampai pemutusan perkara juga harus butuh uang yang tidak sedikit. Jadi akan bagaimana nasib-nasib orang miskin...
ada banyak media atau pers yang sebenarnya melanggar peraturan misalnya program yang harusnya ditonton anak kecil ada unsur kekerasan dan pornografi selain itu ada beberapa iklan yang tidak harus ditayangkan pada jam-jam tertentu. Semuanya itu sebenarnya telah diatur dalam undang-undang p3sps ( Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran)
Sama halnya dengan para jurnalis yang terlalu melebih-lebihkan berita yang tidak benar adanya ataupun menggangu privasi orang tersebut, hal itu idealisnya terdapat dalam undang-undang pasal kode etik jurnalistik tapi melihat lagi prakteknya sangat berbeda dan mungkin tidak sesuai dengan keadaan.
Di Indonesia sangat banyak pertauran yang tidak di teladani dengan prakteknya baik dari bidang politik, ekonomi, budaya dan sebagainya termasuk industri hiburan dan media itu sendiri.
Indonesia sebenarnya adalah negara yang kaya dengan jumlah penduduk, sumber daya alam nya yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa tapi sayangnya banyak orang yang tidak menyadari hal itu bahkan sesama warga indonesia bersaing untuk menguasai kekayaan alam kita untuk kepentingan pribadinya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar